Pemerintah Berupaya Tingkatkan Program Perumahan

Pemerintah Berupaya Tingkatkan Program Perumahan yang sudah di jalankan Kementerian PUPR salah satunya yaitu di dorong dengan kolaborasi antar kementerian maupun instansi. Dengan adanya program ini untuk mempercepat dan memperbesar akses masyarakat terhadap hunian yang layak dan terjangkau.

Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) setiap bulan Agustus oleh pemerintah di jadikan momentum yang pas untuk terus mendorong program perumahan nasional. Pemerintah juga mengajak semua pihak para stakeholder di sektor perumahan untuk meningkatkan kolaborasi sehingga bisa mewujudkan hunian yang layak dan terjangkau untuk semua di kalangan.

Baca Juga : Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah

Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) mengajak semua para pihak untuk menjaga semangat dalam menjalankan berbagai program perumahan. Hal ini tidak akan terlepas dari berbagai tantangan perumahan di Indonesia yang masih besar mulai dari backlog perumahan hingga mendekatkan aksesibilitasnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada pembiayaan perumahan.

Berbagai program yang di jalankan selama ini bukan hanya fisik pembangunan tapi juga sifatnya yang soft seperti edukasi dan sosialisasi dengan berbagai program perumahan supaya di ketahui secara luas oleh semua masyarakat. Hingga saat ini ada banyak program perumahan khususnya yang menyasar kalangan MBR tapi belum di ketahui oleh sasaran penerima programnya.

Ajang pameran perumahan yang selama ini terkena pandemi Covid-19 tidak bisa di lakukan secara offline juga sudah mulai bisa di laksanakan secara langsung. Masyarakat bisa melihat dan berbincang secara langsung dengan tenaga pemasaran untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait dengan kebutuhan hunian yang sesuai  selera maupun daya belinya.

Baca Juga : Rekomendasi Kucing Gampang Dipelihara Dirumah

Di event pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 baru-baru ini, Kementerian PUPR menghadirkan berbagai macam program yang sifatnya sosialisasi seperti mini talkshow dengan Bank BTN dan berbagai program lainnya. Event yang lainnya seperti seminar, podcast, hingga kolaborasi dengan stakeholder properti lainnya untuk membantu memudahkan masyarakat.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, berbagai macam program perumahan juga di kolaborasikan dengan program yang lain antar di rektorat jenderal (ditjen) di Kementerian PUPR misalnya untuk penanganan kemiskinan ekstrim di suatu wilayah. Di kawasan seperti ini selain ada program penyediaan perumahan, renovasi rumah yang tidak layak huni, hingga penataan kawasannya menjadi lebih sehat.Berbagai macam program yang banyak di dorong pada bulan-bulan ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Habitat Dunia tahun 2022 yang serta melibatkan berbagai unit kerja di lingkungan Kementerian PUPR.

Ada juga berbagai macam program perumahan yang sudah di umumkan antara lain yaitu terus mendorong akses masyarakat terhadap rumah yang layak di huni dan harga terjangkau. Di antaranya seperti melalui program sejuta rumah yang merupakan program utama yang mencakup pembangunan rumah susun (rusun), rumah khusus (rusus), penanganan rumah tidak layak di huni, peningkatan kualitas rumah swadaya  dan sebagainya.

Untuk mendorong berbagai macam program perumahan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga sudah biasa berkolaborasi dengan berbagai instansi. Misalnya dengan kementerian yang  lain maupun lembaga seperti Baznas dan kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca Juga : Pajak Penjualan Rumah Dan Cara Menghitungnya?