Renovasi Kos Kosan

renovasi kos kosan Abris Group Malang profesional dan amanah

header-jasa-renovasi-abris-group

RENOVASI KOS KOSAN

ABRIS GROUP melayani jasa renovasi kos-kosan untuk membuat kos-kosan menjadi lebih nyaman dan aman

Usaha kos-kosan menjadi salah satu usaha yang dianggap memiliki masa depan yang cerah. Apalagi jika terletak di lokasi yang strategis seperti : kampus, perkantoran, pabrik, dll. Yang kemungkinan besar harga sewanya akan naik setiap tahun. 

Memiliki rumah yang ingin dijadikan kos-kosan ? Maka perlu memperhatikan renovasi beberapa bagian rumah agar penghuni lebih nyaman dan aman. Ikuti tips berikut untuk melakukan renovasi rumah yang akan dijadikan kos-kosan. 

Tips dan Estimasi Biaya Renovasi Rumah Jadi Kost-kostan

Sebelum melakukan renovasi, patut untuk memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

1. Melakukan Renovasi Total

Renovasi total bisa dengan mulai menyekat satu ruangan besar supaya bisa menjadi beberapa kamar dengan dinding. Cor juga bisa dilakukan supaya di atas bisa digunakan untuk kamar lagi atau untuk menjemur pakaian. Renovasi total untuk satu rumah berisi 4 anggota keluarga supaya menjadi kost dengan 5 kamar kira-kira membutuhkan biaya Rp 30.000.000 sampai Rp 50.000.000. Oleh karena itu, perlu memperhatikan spesifikasi bangunan yang baik.

2. Renovasi Rumah Jadi Kost, Menyediakan Fasilitas Umum

Selanjutnya, dalam renovasi rumah jadi kost juga harus mulai menyediakan fasilitas umum. Fasilitas umum yang dimaksud bisa berupa tempat parkir yang sekiranya muat ditempati kendaraan semua penghuni jika penuh, dapur bersama, ruang tamu, tempat menjemur baju, dan lain sebagainya. Biaya untuk mengaplikasikan tips ini bervariasi. Jika sebelumnya Anda telah memiliki lahan luas maka tidak akan ada biaya dikeluarkan untuk menciptakan parkir penghuni.

Untuk membangun dapur bersama mungkin saja bisa dengan memperluas dapur yang Anda miliki sekarang. Bisa dengan menambahkan bangunan dapur sebesar 2 sampai 4 meter persegi, yang mana kira-kira membutuhkan Rp 6.000.000 sampai Rp 12.000.000. Memperluas ruang tamu sebesar 2 sampai 5 meter persegi bisa membutuhkan Rp 6.000.000 sampai Rp 15.000.000.

3. Menghias Setiap kamar

Bisa ditambahkan beberapa dekorasi dan ini bisa disesuaikan dengan pangsa pasar. Misalnya ada 5 kamar kost yang akan disewakan. Mungkin Anda akan mengecat ulang bagian dalam, memperbaiki jendela dan pintu jika dibutuhkan, memperbaiki dinding yang rusak, atau sebagainya. Kira-kira dibutuhkan Rp 5.000.000 sampai Rp 10.000.000 biayanya.

4. Membeli Perabotan Kamar

Sekali lagi dimisalkan jika usaha kost-kostan yang dibuka berjumlah 5 kamar. Maka Anda akan membutuhkan perabotan seperti lemari, meja, kursi, bed, dan AC atau kipas angin yang masing-masing berjumlah 5. Biayanya kira-kira Rp 10.000.000 sampai Rp 30.000.000, tergantung se-premium apa perabotan yang akan Anda beli.

5. Tentukan Konsep dan Desain Kos

Jika lahan yang akan digunakan sudah jelas, tentukanlah desain dari kos yang akan dibuat. Setiap petak kos apakah tersedia jendela maupun kamar mandi dalam. Tidak hanya itu, jika memilih membuat desain kost yang minimalis. Bagaimana pilihan warna cat, kusen pintu, lantai dan sebagainya harus ditentukan sejak awal. 

Bingung cari lahan yang strategis ? Temukan lebih mudah disini.

Dari desain ini, Anda bisa mengestimasikan biaya yang akan dikeluarkan. Termasuk tenaga tukang dan segala peralatan kos yang akan disediakan. Belum lagi jika pada daerah kos di lahan rumah Anda tersebut akan disediakan dapur maupun ruang tamu sendiri. Maka tentu akan berpengaruh ke biaya.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada tahap desain adalah bagaimana memisahkan listrik. Apakah setiap petak kos memiliki panel listrik sendiri atau digabung dalam satu instalasi listrik gedung kosan.

Berkaitan dengan konsep, tentukan apakah kosan akan diperuntukan untuk penyewa perempuan atau laki-laki. Sebab akan berpengaruh dengan barang yang akan disediakan di kamar. Contohnya untuk kosan perempuan, pemilik kos perlu menyediakan kaca di setiap kamar.

Temukan referensi portofolio desain Abris Group disini.

6. Buat Pondasi Bertingkat

Tingkat pendapatan dari usaha indekos di rumah akan bergantung pada jumlah pintu kamar kos yang tersedia. Artinya semakin banyak kamar yang dibuat, investasi dan keuntungannya juga akan semakin besar. 

Jika saat ini Anda mampu membuat satu bangunan bertingkat kos tersendiri dari lahan rumah Anda, maka pondasi bertingkat sudah dibuat sekaligus. Sementara jika Anda memilih untuk pelan-pelan dalam memperbanyak jumlah kamar. Jangan lupa buat pondasi bertingkatnya terlebih dahulu meski belum akan membuat kamar di lantai kedua.

Ingin konsultasi untuk membuat pondasi yang baik ? hubungi kami disini

7. Buat Pintu Pemisah Antara Rumah dan Indekos

Dengan mengubah sebagian rumah Anda menjadi kosan, jangan lupakan keamanan dan privasi rumah Anda sendiri. Buatlah pintu yang memisahkan antara rumah dengan kos sehingga tidak saling mengganggu. 

Selain pintu pemisah, jika rumah Anda berada di pinggir jalan dan tidak memiliki pagar, pertimbangkan untuk membuat pagar masuk. Ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan bagi penyewa kamar dan keluarga Anda.

Anda juga perlu memutuskan apakah akan memberi pintu masuk tambahan untuk akses langsung ke kosan bagi para penyewa kamar kos. Atau hanya menggunakan satu pintu masuk dari pagar utama. 

8. Sisakan Lahan Terbuka

Lahan yang Anda miliki untuk dibangun kosan harus termasuk lahan terbuka. Lahan terbuka ini bisa diperuntukan sebagai parkiran kendaraan bermotor. Selain itu, lahan terbuka juga termasuk teras yang bisa digunakan untuk para tamu penyewa kamar menunggu. 

Sementara untuk membahas biaya keseluruhan, Anda kemungkinan akan menghabiskan uang sebesar Rp150-250 juta rupiah untuk tiga hingga empat pintu. Itu sudah termasuk biaya bahan pembangunan, menyewa tukang, hingga melengkapi fasilitas dalam kamar. Biaya bisa semakin besar jika lahan yang dibangun serta kamar kosan lebih banyak.

CARA PESAN

Hubungi salah satu kontak dibawah ini :

abraprioritas@gmail.com

www.desainmurah.id

(0341) 8207965

+6282145352019

TUNGGU APALAGI ? YUK KONSULTASI GRATIS SEKARANG !

Hubungi salah satu kontak di bawah ini : 

082145352019

Hubungi saat jam kerja

03418207965

Hubungi saat jam kerja

abraprioritas@gmail.com

Dapat dihubungi setiap saat