Tips Membeli Papan Triplek Berbagai Ukuran

Tips membeli papan triplek berbagai ukuran untuk penuhi berbagai macam kebutuhan pembangunan. Pertamakali ingin membeli papan triplek ? Alangkah baiknya ikuti tips berikut !

Kebutuhan papan triplek dalam pembangunan sangat bermacam-macam. Mulai dari papan triplek untuk plafon rumah, partisi ruang, papan alas ranjang, panel pintu dsb. Harganya yang terjangkau serta memiliki kekuatan yang tak gampang retak membuat masyarakat cenderung menggunakan material yang satu ini.

Papan triplek adalah material kayu olahan yang memiliki bentuk seperti lembaran, hasil dari gabungan beberapa lembar kayu tipis yang direkatkan untuk mencapai ketebalan tertentu. Gabungan dari lembaran kayu tipis tersebut dikenal dengan nama venir. Papan triplek memiliki berbagai macam ketebalan, lebar dan panjang dengan berbagai macam ukuran tergantung dari kebutuhan. Agar tidak salah pilih ukuran dalam membeli triplek, ikutilah tips membeli papan triplek berbagai ukuran sesuai kebutuhan berikut :

 

BACA JUGA : Anda Pasangan Mudah Baru ? Yuk, Ikuti Tips Memilih Kontrakan yang Ideal

 

1. Tips Membeli Papan Triplek Pertama Adalah Tentukan Grade

tips-membeli-papan-triplek-sesuai-grade

Bagi masyarakat awam yang pertama kali membeli papan triplek, pasti jarang mengetahui bahwa papan triplek itu memiliki beberapa grade. Tidak hanya tersedia dalam satu grade dan dapat digunakan untuk semua kebutuhan. Masing-masing grade memiliki tujuan dan kegunaannya sendiri-sendiri.

Semakin tinggi grade papan triplek, semakin halus. Grade papan triplek biasanya ditentukan oleh kualitas permukaannya mulai dari halus sampai kasar. Berikut adalah macam-macam grade papan triplek yang lazim ditemukan di pasar :

Papan Triplek Grade A

Pertama, papan triplek memiliki grade A yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Semakin tinggi kualitas papan triplek memiliki ciri-ciri semakin halus permukaannya karena pori-porinya yang rapat. Sehingga memudahkan untuk dilakukan pengecatan.

Papan triplek grade A oleh masyarakat biasanya digunakan sebagai furniture, plafon dan elemen-elemen interior lainnya yang mendukung. Tertarik untuk membeli papan triplek grade A di wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang ? Hubungi customer service Abris Group disini.

Papan Triplek Grade B

Berbeda dari papan triplek grade A, tipe grade B memiliki permukaan yang keras dan padat. Karena teksturnya yang keras dan padat, tipe grade ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sekat antar ruang. Jika tipe papan triplek ini mengalami kerusakan, cara memperbaikinya adalah dengan menambal bagian yang rusak menggunakan kayu jenis lain atau bahan sintesis lainnya. Tidak perlu mengganti seluruh papan triplek, cukup mudah bukan ?

Papan Triplek Grade C

Tipe grade ini memiliki permukaan yang kasar karena proses pengamplasan yang kurang sempurna. Selain pengamplasan yang kurang sempurna, di beberapa toko bangunan triplek grade C memiliki warna yang kurang merata dan terdapat retakan yang searah dengan serat lapisan kayu. Oleh karena itu, ketika hendak membeli papan triplek grade C pintar-pintarlah dalam memilih.

Cara pemasangannya pun membutuhkan keterampilan khusus. Jika hanya sekedar dipasang, papan triplek tidak kuat menahan beban. Caranya sebelum melakukan pemasangan adalah dengan melakukan perhitungan terbelih dahulu.

Papan Triplek Grade D

Harga papan triplek yang paling murah dan yang bisa didapatkan adalah papan triplek grade D yang memiliki kualitas paling rendah diantaranya grade yang lain. Papan triplek grade D memiliki pori-pori atau lubang serat lebih besar dari grade C. Karena permukaannya yang kasar itu, maka tidak aestetik untuk dilapisi cat dan juga tidak direkomendasikan untuk dijadikan kebutuhan eksterior.

Kini pembaca telah mengetahui macam-macam grade papan triplek yang ada di pasar. Silahkan pilih grade sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar pembaca.

 

BACA JUGA : Ingin Membuat Vertical Garden Aestetik ? Ikuti Langkah BerikutĀ 

 

2. Jenis – Jenis Papan Triplek

Jenis papan triplek yang tersebar di seluruh Indonesia biasanya terdiri dari 6 jenis. Masing-masing jenis papan triplek tersebut memiliki keuntungan dan kekurangannya serta tujuan penggunaannya sendiri. Pembaca berhak memilih jenis-jenis triplek sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis triplek yang ada :

Particle Board

Jenis papan triplek pertama adalah particle board. Nama lain dari particle board adalah LDF (Low Density Fiberboard). Papan triplek dibuat dari serpihan kayu yang di press sehingga jadi lembaran. Memiliki keuntungan mudah dipotong, kelemahannya adalah rentan terhadap air dan kelembapan tinggi.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Bahan baku utama membuat jenis papan triplek ini adalah campuran serat kayu lunak dan serat kayu keras. Kemudian disatukan dengan lem dan tekanan menggunakan alat khsusus. Keunggulannya adalah ketahanan terhadap air sehingga cocok digunakan untuk jadi material meja kopi, kabinet dapur dan meja display.

Multipleks

Pembuatan multipleks dibuat dari kulit kayu yang berlapis-lapis. Memiliki pori-pori kecil yang tidak mudah lapuk ketika terkena air dalam intensitas rendah.

Melaminto

Papan triplek ini memiliki permukaan yang licin, mulus, rapi dan mudah diberi cat. Karena jenis papan triplek ini dilapisi oleh melanin dan poliester. Biasanya digunakan untuk desain interior seperti kabinet dapur, lemari, rak dan konstruksi booth.

Blockboard

Jenis papan triplek ini sangat berbeda dari jenis papan triplek lainnya. Cara membedakannya adalah dengan melihatnya dari samping, maka akan terlihat jelas susunan lainnya. Dalam lapisan itu, lapisan yang paling tebal di bagian tengah diapit dengan lapisan yang lebih tipis. Hal itu terjadi, karena lapisan dalamnya menggunakan kayu akasia dan lapisan luarnya menggunakan kayu meranti.

Teakblock

Jenis papan triplek ini merupakan jenis papan papan yang baik dikelasnya karena menggunakan lapisan kayu janti. Memiliki keunggulan anti rayap dan memiliki daya tahan lama. Sangat cocok digunakan untuk lantai, sekat ruangan maupun furniture lainnya.

Itulah jenis-jenis papan triplek yang umum ditemukan diseluruh Indonesia. Tinggal pilih jenis papan triplek yang sesuai dengan kebutuhan bangun rumah atau renovasi rumah.

 

BACA JUGA :

 

3. Pilih Standar Ketebalan Triplek

Papan triplek memiliki ketebalan berbagai macam dan beragam. Ukuran standard ketebalan triplek di Indonesia adalah lebar 1120 mm dan panjang 2400 mm. Beberapa penjual ada yang menyediakan pilihan custom agar mudah dipasang sesuai dengan kebutuhan.

 

BACA JUGA : Perbedaan Kompor Gas vs Kompos Listrik vs Kompor Induksi

 

4. Kegunaan Papan Triplek

Karena papan triplek terdiri dari berbagai macam grade dan jenis, maka kegunaannya pun berbeda-beda. Pada umumnya papan triplek digunakan untuk kebutuhan konstruksi maupun furniture. Contohnya adalah :

  1. Palfon rumah.
  2. Parisi ruang.
  3. Papan alas ranjang.
  4. Lemari pakaian.
  5. Rak.
  6. Laci.
  7. Kabinet Dapur.
  8. Meja.
  9. Papan/Rangka sofa.
  10. Lantai rumah.
  11. Panel pintu.

Itulah tips membeli papan triplek berbaga ukuran sesuai dengan kebutuhan.

 

BACA JUGA : Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Ikuti Cara BerikutĀ 

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?