Cara Membuat Vertical Garden Estetik di Lahan yang Sempit

Cara membuat vertical garden estetik di lahan yang sempit depan rumah agar rumah terlihat lebih estetik.

Vertical garden menjadi taman yang mudah diterapkan dilahan yang sempit seperti di perkotaan yang padat penduduk. Dengan lahan yang terbatas dan rumah yang saling berdempetan, diharapkan setiap rumah memiliki taman yang berguna sebagai penghijauan dan menghasilkan oksigen. Taman vertical garden meskipun sederhana, namun jika mampu ditata dengan baik maka akan menghasilkan nilai estetika tersendiri.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai pengerti vertical garden itu sendiri, tips dan trik perawatan yang dapat dikerjakan sendiri, jenis tanaman apa saja yang cocok untuk dijadikan vertical garden. Serta inspirasi desain atau contoh vertical garden yang cocok untuk lahan yang sempit. Baca artikel sampai habis ya !

 

BACA JUGA : Ga Mau Ganti Kompor Induksi ? Intip Perbedaannya Kompor Induks, Listrik dan GasĀ 

 

Pengertian Vertical Garden

Sebelum memulai cara membuat vertical garden yang estetik, alangkah baiknya diketahui terlebih dahulu apa itu vertical garden. Jadi, vertical garden adalah metode bertanam secara vertikal pada struktur yang berdiri tegak. Seperti di sebuah dinding atau panel pada umumnya kemudian disebut sebagai taman hijau.

Cara menanamnya bisa menggunakan pot-pot bunga atau menggunakan teknik khusus seperti hidroponik atau aeroponik. Membuat vertical garden artinya memanfaatkan lahan yang sempit untuk penghijauan. Kehadirannya mampu memberikan kesejukan bagi pemilik rumah dan lingkungan terdekat.

Bagaimana cara membuat vertical garden yang baik ? Ikuti langkah-langkah berikut :

 

BACA JUGA : Cara Menghitung Kebutuhan Keramik, Dapat Dilakukan Sendiri tanpa Bantuan Orang Lain

 

Cara Membuat Vertical Garden Estetik

Berikut adalah langkah-langkah membuat vertical garden yang estetik dan subur :

1.Pilih Tanaman yang Tepat

Tidak semua tanaman cocok untuk dijadikan vertical garden, pilihlah tanaman yang sesuai dengan lokasi vertical garden. Pastikan lokasi vertical garden tersebut menerima cahaya matahari, angin dan kelembaban.

2. Buatlah Irigasi yang Benar

Cara membuat vertical garden estetik yang estetik selanjutnya adalah dengan membuat irigasi yang baik. Perhatikanlah kebutuh air dengan cermat. Karena gaya gravitasi, artinya tanaman yang diatas lebih sedikit menerima air dibanding yang dibawah. Alangkah baiknya dibuatkan saluran irigasi otomatis, supaya memastikan semua tanaman mendapat air dengan cukup.

3. Beri Pupuk Secara Rutin

Berilah pupuk secara rutin agar nutrisinya dapat diserap oleh tumbuhan. Agar tumbuhan tumbuh subur dan kuat.

4. Pelihara Struktur

Periksa secara berkala struktur vertical garden yang dimiliki sebagai upaya untuk memastikan jika bagian tetap kokoh dan aman. Selain melakukan cek pada struktur, pastikan juga sistem drainase berfungsi dengan baik untuk mencegah genangan air yang bisa merusak tanaman.

5. Pangkas dan Rawat Secara Rutin

Lakukanlah pemangkasan secara rutin untuk mejaga bentuk dan pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Pilihlah bunga daun yang terinfeksi atau dimakan ulat untuk mencegah agar tidak menyebar luas.

Ikutilah lima langkah diatas untuk menciptakan vertical garden yang estetik yang tumbu subur tanamannya.

 

BACA JUGA : Desain Rumah Ukuran 6×12 Minimalis Aestetik 2024

 

Tanaman yang Cocok Untuk Vertical Garden

Berikut adalah beberapa tanaman yang cocok untuk vertical garden yang mudah ditanam dan mudah dirawat :

1.Rempah-rempah

Contoh tanaman rempah-rempah yang cocok adalah : kemangi, mint, rosemary dan thyme .

2. Tanaman Hias

Contoh tanaman hias yang cocok adalah : pakis salju, tanduk rusa dan giant lilyturf.

3. Tanaman Sayur

Contoh tanaman sayur yang dapat mudah ditanam di dalam vertical garden adalah : selada, bayam dan kangkung.

4. Tanaman Rambat

Contoh tanaman rambat yang mudah untuk ditanam adalah : krokot, bunga morning glory, atau sweet peas.

5. Tanaman Buah Kecil

Contoh tanaman buah kecil yang mudah untuk ditanam adalah : Tomat ceri, stroberi atau melon pendek.

6. Tanaman Aromatik

Contoh tanaman aromatik yang mudah untuk ditanam adalah : lavender, lemon balm atua melati.

Selain enam tanaman diatas masih banyak lagi jenis tanaman yang dapat dengan mudah ditanam di dalam vertikal garden. Namun tidak dapat disebutkan satu persatu.

 

BACA JUGA : Harga Borongan Cat Tembok Terbaru di Tahun 2024

 

Inspirasi Vertical Garden yang Estetik

Setelah memahami pengertian, cara membuat serta merawat tanaman vertical garden. Kali ini akan dibahas mengenai inspirasi desain vertical garden yang simpel tapi estetik, boleh untuk diterapkan dirumah!

1. Dinding Seni Hidup

cara-membuat-vertical-garden-estetik-abris-group-1

Inspirasi desain vertical garden yang pertama yang mudah diaplikasikan adalah model dinding seni hidup. Pada vertical garden model ini, alangkah baiknya ditanam berbagai tanaman yang memiliki warna cerah dan bentuk-bentuk yang seragam. Kemudian dari berbagai macam warna tersebut bentuklah sesuai selera hati, mulai dari bentuk love ataupun lambang nama. Model ini mudah dan simpel. Jika ingin menerapkan deasin vertical garden ini menggunakan jasa renovasi profesional, hubungi customer service Abris Group disini.

2. Taman Sukulen Gantung

cara-membuat-vertical-garden-estetik-abris-group-2

Inspirasi desain vertical garden yang kedua ini cocok untuk diterapkan dilahan yang kecil dan ditempel didinding. Menggunakan besi persegi panjang yang bisa ditempel didinding, dengan berbagai macam tanaman hias. Belilah pot-pot kecil yang memiliki ukuran sedang dan tipe bunga yang cocok, gantungkanlah wadah-wadah pot yang disusun bertingkat dari langit-langit untuk digantung. Jika ingin dibuatkan model seperti ini dirumah menggunakan jasa renovasi profesional, silahkan hubungi customer service Abris Group disini.

3. Oase Balkon

cara-membuat-vertical-garden-di-lahan-yang-sempit-3

Untuk perumahan yang ada di kota, dapat menggunakan inpirasi desain vertical garden yang satu ini. Balkon yang ukurannya sempit dapat digunakan menjadi oase hijau dengan menanam tanaman merambat atau tanaman gantung dalam bentuk vertical garden. Pilh beberapa jenis tanaman yang memikat visual seperti philodendron, pothos atau tanaman anggrek .

Itulah tiga inspirasi desain vertical garden yang bisa diterapkan di rumah. Bagi para pembaca yang ingin didesainkan teras rumah yang indah, dapat menghubungi Abris Group disini. Konsultasi GRATIS tanpa dipungut biaya. Jasa desain arsitek rumah hanya ada di dokterrumah.

 

BACA JUGA : Perbedaan Bank Umum dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat)

error: Content is protected !!