Cara Menabung Uang Yang Benar, Mudah Diterapkan

Cara Menabung Uang Yang Benar, Mudah Diterapkan – Beberapa orang mungkin akan merasa kesulitan dalam hal menabung, hal yang membuatnya sullit adalah memulainya dan selalu konsisten dalam hal tersebut. Menabung merupakan kebiasaan baik yang telah diajarkan mulai dari kecil. Padahal menabung akan memberikan banyak manfaat bagi Anda sendiri.

Perencanaan finansial (financial planningsangat penting untuk membangun kebiasaan menabung. Nah berikut ini adalah cara menabung yang paling benar dan sangat mudah untuk diterapkan.

Cara Menabung Uang Yang Benar, Mudah Diterapkan

1.Tentukan tujuan menabung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan tujuan dari menabung tersebut. Karena cara menabung yang paling benar adalah ketika Anda mengetahui apa yang ingin diraih atau goal dari aktivitas menabung yang Anda lakukan. Tujuan menabung dibagi menjadi dua, yang pertama adalah menabung jangka pendek.

Menabung jangka pendek sangat cocok untuk dana darurat, barang elektronik, hiburan dan lain-lain yang jumlahnya tidak terlalu besar.

kemudia menabung yang kedua adalah menabung jangka panjang. Contohnya untuk keperluan pendidikan, pensiun, membeli rumah, dan sebagainya.

BACA JUGA : Belajar Mengenal Aset Likuid, Pengertian Hingga Contohnya

2.Tentukan batas waktu

Setelah menentukan tujuan menabung, maka Anda juga harus menentukan batas waktunya. Hal ini juga dapat mendorong Anda untuk selalu menyisihkan uang, agar tujuan segera tercapai sebelum waktunya selesai. Selain itu juga membuatnya sebagai motifasi tersendiri untuk mencapai tujuan.

3.Membuat rencana anggaran bulanan

Kebanyakan orang gagal menyisihkan uang untuk menabung dikarena pengerluaran yang membengkak. Namun jika Anda membuat rencana anggaran bulanan akan membuat pengeluaran Anda lebih terkendali. Perlu digaris bawahi, sisihkan uang tabungan diawal sebelum menentukan anggaran pengeluaran. Agar selalu konsisten dalam melakukan aktivitas menabung.

4.Pisahkan rekening tabungan

Cara yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan memisahkan tabungan sejak awal gajian. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan Anda tergoda untuk menggunakan dana simpanan. Karena jika akses mengambil uang mudah, maka Anda tantu akan lebih rentan menggunakannya.

BACA JUGA : Terbaru Tahun 2023 Inilah Cara Mengajukan KPR ke Bank

5.Memanfaatkan promo atau diskon

Untuk Anda yang suka berbelanja, dapat dipastikan jika Anda akan sulit menahan untuk berbelanja. Dan kesulitan untuk menabung. Namun Anda bisa menggunakan cari ini, yang harus pandai-pandai dalam mencari promo atau diskon, khususnya untuk barang-barang yang Anda butuhkan.

Jangan sampai Anda membeli barang yang tidak Anda butuhkan hanya karena sedang ada promo atau diskon. Karena hal tersbut dapat membengkakan pengeluaran Anda kembali.

6.Lunasi hutang terlebih dahulu

Kemudian sebelum Anda memutuskan untuk menabung, Anda sebaiknya melunasi hutang-hutang terlebih dahulu. Pastikan ketika akan menabung Anda sudah tidak memiliki hutang sama sekali. Pasalnya dengan begitu Anda tidak akan bisa menyisihkan uang secara maksimal, karena masih memiliki kewajiban untuk membayar hutang.

Dengan lunasnya hutang Anda juga dapat menghindarkan dari pengeluaran yang membengkak dari bunga ataupun denda.

7.Mempertimbangan melakukan investasi

Salah satu cara menabung yang paling ampuh adalah dengan cara berinvestasi. Ya Anda bisa menabung di rekening bank atau celengan, namun nilai tersebut bisa turun kapan saja karena adanya inflasi.

Namun berbeda jika Anda menabung melalui instrumen investasi, karena nilai tabungan akan terus naik dan bertumbuh. Ada beberapa instrumen investasi yang harus Anda ketahui diantaranya adalah saham, reksadana, obligasi dan masih banyak lainnya.

8.Penghasilan tambahan

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara memperbanyak pemasukan. Jika uang yang dimiliki sedikit, akan menyulitkan Anda untuk menabung karena kebutuhan pokok yang belum terpenuhi. Oleh sebab itu Anda bisa mencari penghasilan tambahan, melalui berbagai cara.

Dengan memiliki penghasilan ini juga dapat memberikan banyak manfaat selain untuk menabung, memiliki penghasilan tambahan juga akan berguna untuk memnuhi kebutuhan yang belum terselesaikan.

BACA JUGA : Cara Cek Kesehatan Keuangan Pribadi dan Indikatornya

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?