6 Contoh Challenge Menabung Untuk Tingkatkan Konsistensi

6 Contoh Challenge Menabung Untuk Tingkatkan Konsistensi – Melakukan challenge menabung sedang ramai dilakukan. Karena merupakan salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik dan untuk mempersiapkan dana di masa depan. Atau bisa disebut juga challenge yang cenderung bermanfaat khususnya bagi finansial di masa yang akan datang.

Sebagian orang beranggapan jika menabung merupakan hal yang sulit, sehingga membuat mereka memiliki cara sendiri untuk menghemat uang. Untuk mencapai target finansial tertantu, Anda dapat mengumpulkan uang dengan lebih menyenangkan dan konsisten. Berikut ini adalah challenge menabung yang seru dan wajib untuk Anda coba!

BACA JUGA : Asuransi Perlindungan Bank , Pengertian dan Contohnya

6 Contoh Challenge Menabung Untuk Tingkatkan Konsistensi

1.No Spending Challenge

Challenge yang pertama adalah no spending challenge atau tidak mengeluarkan uang selama satu bulan, tentu saja kecuali pengeluaran pokok. Hal tersebut sangatlah efektif karena dapat membiasakan Anda untuk hidup hemat. Anda akan terbiasa untuk tidak membeli makanan diluar dan lain-lain yang seharusnya tidak dibutuhkan. Dengan begitu setelah Anda melewati waktu yang sudah ditetapkan, maka pastinya Anda tetap memiliki uang sisa yang bisa Anda gunakan untuk menabung.

2.Menabung selama 30 hari

Challenge kedua yang bisa Anda lakukan adalah menabung selama sebulan, namun challenge ini membutuhkan konsistensi yang tinggi. Jenis menabung ini adalah menabung jangka pendek, yang bertujuan untuk berlibur, elektronik, dan lain-lain. Chalenge yang satu ini menuntut Anda untuk rajin mengumpulkan uang setiap hari, dalam rentan waktu 30 hari.

Cara menerapkannya dapat disesuaikan dengan jumlah tujuan. Contohnya Anda bisa menabung Rp. 10.000 untuk hari pertama, kemudian hari kedua RP. 15.000 dan seterusnya.

BACA JUGA : Cara Cek Kesehatan Keuangan Pribadi dan Indikatornya 

3.Menggunakan transportasi umum

Challenge yang berikutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum, dengan begitu akan menghemat  biaya yang cukup, jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk berpergian. Seperti contohnya, jika Anda menggunakan kendaran umum Anda akan mengeluarkan Rp 3.000 hingga Rp 20.000. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi Anda akan mengeluarkan uang untuk membeli BBM, dan itu cukup banyak sekitar Rp.20.000 hingga Rp 50.000. Perbedaan yang sangat jauh bukan?

4.Menabung dengan investasi

Selanjutnya Anda bisa menabung dengan investasi. Ya menabung bertujuan untuk mencapai suatu tujuan di masa depan, sama seperti investasi. Namun yang membuatnya berbeda adalah jika hanya mengandalkan menabung saja, mungkin tujuan akan bisa tercapai, tetapi tidak mendapatkan keuntungan. Dan sebaliknya jika menggunakan investasi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa imbal hasil.

BACA JUGA : Cara Menabung Uang Yang Benar, Mudah Diterapkan

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi, maka kami menyarankan untuk memilih jenis instrumen yang memiliki resiko yang kecil. Contohnya adalah Obligasi, reksadana, SBN, dan lainnya.

5.Ikut Arisan

Challenge ini bertujuan untuk mengumpulan uang dalam jumlah tertentu, misalnya Rp 2 juta, Rp 3 juta, dan seterusnya sesuai kesepakatan. Arti arisan itu sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang kemudian mengumpulkan dana pada periode tertentu. Setelah uang terkumpul, maka akan dilakukan undian untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan uang tersebut. Dan akan terus berulang hingga semua mendapat bagian. Dengan melakukan arisan ini juga dapat memberikan semangat tersendiri.

6.Menabung dari uang receh

Challenge yang terakhir adalah menabung dari uang receh. Mungkin uang logam akan terlihat tidak berharga, namun Anda bisa jika jumlahnya banyak hal tersebut akan membuatnya berharga. Anda bisa menabung uang logam kapan saja dan bebas untuk menentukan nominalnya. Karena uang receh biasanya didapatkan dari uang kembalian, Anda bisa menggunakan toples ataupun lainnya yang dapat menampung uang logam tersebut.

BACA JUGA : Belajar Tentang Nomor Referensi Bank Beserta Contohnya

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?