Pengunjung Sudah Ramai, Tarif Sewa Tenan Mall di Kota Malang Akan Segera Naik

Pengunjung sudah ramai, tarif sewa tenan mall di Kota Malang akan segera naik. Naiknya harga tarif sewa tersebut disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang Suwanto. Alhasil para penyewa (tenan) mau tidak mau harus merogoh kocek yang lebih dalam akibat kenaikan tersebut. Namun, belum diketahui dengan baik berapa persen kenaikan harga tarif sewa tenan di Mall. Karena kenaikan ini masih berdasarkan perkiraan.

Isu kenaikan harga tarif sewa tenan mall di Kota Malang didasarkan pada beberapa faktor. Pertama, berakhirnya pandemi Covid-19 (Virus Corona) yang menyebabkan masyarakat dapat mengunjungi Mall untuk berbelanja ataupun makan. Kedua, saat terjadinya Covid-19 (Virus Corona) harga sewa tenan mall di Kota Malang rata-rata sudah turun sebesar 50%. Ketiga, jumlah pengunjung harian mall di Kota Malang sudah meningkat lagi.

Jumlah okupansi (kunjungan mall) di Mall Olimpic Garden (MOG) Kota Malang sudah mencapai 90 persen (ungkap Tenant Relation Mal Olimpic Garden (MOG) Moenadji). Begitu juga yang terjadi pada Mall Malang Town Square (Matos) yang nilai okupansi (kunjungan mall) sudah mencapa 90 persen (Mall Director Malang Town Square (Matos) Fifi Trisjanti). Saat akhir pekan, jumlah kunjungan di matos mencapai 30 ribu. Itu menunjukkan bahwa jumlah pengunjung mulai meningkat kembali seperti saat sebelum pandemi.

Meskipun jumlah okupansi (kunjungan mall) meningkat, namun para pengelola dan penyewa tenan berharap daya beli masyarakat juga meningkat. Nyatanya, para pengelola mall masih mengharapkan hall itu benar-benar terjadi.

Karena daya beli masyarakat yang belum meningkat, hingga saat ini para pengelola mall belum bisa melakukan menaikkan harga sewa mall. Ketika daya beli masyakarat benar-benar pulih atau kembali maka otamatis harga sewa tenan akan mengikuti.

Besarnya kenaikan harga sewa tenan nantinya akan bervariasi yakni tergantung dari lokasi tenan (Mall Director Malang Town Square (Matos) Fifi Trisjanti).

Seperti  yang telah diketahui, Pemerintah Republik Indonesia telah mencabut status pandemi covid-19. Serta memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker. Dengan adanya pengumuman tersebut, masyarakat dapat leluasa untuk mengunjungi pusat perbelanjaan seperti mall maupun taman kota.

BACA JUGA : Meski Harga Jual Rumah Subsidi Naik, Developer Yakin Rumah Subsidi Masih Banyak Peminat