Lokasi Tempat Tinggal yang Ideal Untuk Sebuah Keluarga

Lokasi tempat tinggal yang ideal untuk sebuah keluarga agar hidup lebih nyaman dan aman. Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli atau membangun rumah. Banyak masyarakat mengatakan bahwa untuk dapat hidup yang aman dan nyaman, solusinya adalah dengan memilih lokasi yang ideal. Lalu, apa yang di masksud dengan lokasi tempat tinggal yang ideal itu ? Abris Group akan menguraikannya sebagai berikut :

1.Pertimbangkan Budget

Semakin bagus sebuah lokasi tempat tinggal, maka semakin tinggi juga harganya. Misal, lokasi tempat tinggal yang terletak di kota dan dekat dengan berbagai fasilitas umum jauh lebih mahal dibanding dengan lokasi tempat tinggal yang ada di pegunungan. Pada umumnya, harga rumah di daerah kota bisa mencapai 1 milliar lebih dengan ukuran yang terbatas. Sementara itu, dipinggiran kota hanya mencapai ratusan juta dengan ukuran yang lebih luas.

Bagaimana jika pembaca memiliki budget yang terbatas ? Maka solusinya adalah membeli dengan kemampuan bayar. Jangan memaksakan kehendak yang tidak dapat dipenuhi, nanti ujung-ujungnya adalah denda. Yang penting, rumah yang akan dibeli dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, transportasi umum, pom bensin, tempat ibadah, dsb.

 

BACA JUGA : Untung Rugi Investasi Tanah di Tahun 2024

 

2. Tipe Tempat Tinggal

Dalam menentukan tipe tempat tinggal umunya ada 2 tipe. Masing-masing tipe tergantung kebutuhan keluarga masing-masing. Tipe tempat tinggal itu antara lain :

  1. Apartemen. Hunian ini cenderung bertingkat dan vertikal, cocok untuk pembaca yang hidupnya praktis. Desain rumah ini biasanya hampir seragam yang di desain langsung oleh pengembang dan beberapa unitnya sudah di buat semi atau full furnished. Segala macam kebutuhan pokok, hampir disediakan di sekitar apartemen. Seperti tempat gym, kolam renang, minimarket, kafetaria, dsb. Terkait keamanan, apartemen merupakan salah satu tempat tinggal yang aman karena hanya pemilik apartemenlah yang bisa masuk. Lokasinya terletak di pusat kota oleh karena itu harganya cenderung mahal.
  2. Rumah Tapak. Harganya yang cenderung terjangkau serta sistem pembayaran yang mudah menjadi pilihan banyak masyarakat. Tipe tempat tinggal ini akan sangat idela bagi pembaca yang gemar bersosialisasi. Ketika sudah memiliki anak, rumah tapak memiliki ruang private yang dapat dinikmati bersama keluarga seperti halaman belakang. Interior rumah tapak jauh lebih ideal karena luas, lega dan tidak full tembok seperti apartemen. Desain rumah dapat menentukan sendiri atau mengikuti desain developer. Jika membangun rumah, tapi desain sendiri biasanya harus dimulai dari nol (0). Bingung cari jasa desain rumah profesional ? hubungi kami disini.

 

BACA JUGA : Cara Cek PBB Online di Tahun 2024

 

3. Pertimbangkan Jarak Tempat yang Sering Dikunjungi

Dalam menentukan lokasi tempat tinggal yang ideal, alangkah baiknya pembaca mempertimbangkan jarak dari fasilitas umum dan tempat-tempat yang dikunjungi. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut :

  1. Jarak rumah ke kantor. Semakin jauh dari tempat kerja akan mengganggu kesehatan mental dan fisik. Semakin dekat, tentu semakin nyaman karena tidak menguras banyak waktu di jalan. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat kerja.
  2. Jarak rumah ke Kerabat atau Teman. Sebagai makhluk sosial, manusia harus bersosialisasi dan bercengkrama dengan makhluk lainnya. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang dekat dengan Kerabat atau teman.

 

BACA JUGA : Pengertian BPHTB dan Cara Menghitungnya

 

4. Cek Kondisi Lokasi Rumah

Ketika mengunjungi lokasi rumah, pastikan pembaca melakukan pengecekkan terhadap dua hal berikut :

  1. Lokasi Rumah Rawan Terhadap Banjir. Ketika kondisi rumah sering terkena banjir, maka hal ini patut untuk dipertimbangkan. Selain berpengaruh kepada kesehatan keluarga juga menimbulkan kerugian pada perabot dan kendaraan yang dimiliki. Untuk mengetahuinya, cobalah untuk mencari berita-berita yang tersebar melalui media online atau tanyakan kepada warga setempat.
  2. Keamanan Lingkungan Tempat Tinggal. Keamanan tempat tinggal di apartemen boleh dikatan sangat aman. Sementara rumah tapak memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, hal ini harus menjadi perhatian utama bagi pembaca agar tidak terjadi kerugian materil akibat pencurian, dsb.

 

BACA JUGA : Biaya Balik Nama Rumah dan Cara Menghitungnya Tanpa NotarisĀ 

 

5. Pertimbangkan Fasilitas Umum yang Ada

Ketika pembaca tidak memiliki sebuah kendaraan, pastikan di sekitar rumah dengan transportasi umum. Ini adalah salah satu pertimbangan yang didasarkan pada fasilitas umum untuk menentukan lokasi tempat tinggal yang ideal. Selain itu, ada pertimbangan lainnya. Pertimbangan itu antara lain :

  1. Sekolah.
  2. Rumah Sakit.
  3. Pusat Perbelanjaan dan Hiburan.
  4. Rumah Ibadah.

 

BACA JUGA : Cara Menghitung Pajak Rumah Mewah dan Prosedur Pembayaran

Itulah tips menentukan lokasi tempat tinggal yang ideal untuk sebuah keluarga dari Abris Group. Jika pembaca sedang mencari referensi tentang lokasi perumahan yang strategis di wilayah Malang, Abris Group akan dengan senang hati akan membantu. Segera hubungi kami disini.

error: Content is protected !!