Untung Rugi Investasi Tanah di Tahun 2024

Untung rugi investasi tanah di tahun 2024. Untuk Anda yang sedang bimbang untuk memutuskan apakah ingin berinvestasi di dunia properti berupa tanah. Untuk Anda yang ingin berkecimpung di investasi properti berupa tanah pertama kali. Pahami dulu apa untung dan ruginya terlebih dahulu.

Investasi tanah merupakan salah satu investasi yang masih populer di kalangan generasi millenial dan gen X di tahun 2024. Dengan asumsi harga tanah yang terus naik setiap tahun, membuat masyarakat ingin melakukan investasi tanah meskipun hanya beberapa meter persegi saja. Menurut bank BCA, dalam tiga tahun terakhir sekitar 55,1% debitur yang mengajukan KPR BCA datang dari generasi millenial. Sementara gen X mencapai 36,3% dan lainnya 8,6%.

Berdasarkan data BCA di atas, artinya investasi properti masih dianggap masih menguntungkan. Tetapi jika masih bimbang, alangkah pelajari untung rugi investasi tanah di tahun 2024 terlebih dahulu. Simak artikel ini sampai habis ! 

 

BACA JUGA : Cara Cek PBB Online dan Cara Menghitungnya di Tahun 2024 

 

Pengertian Investasi Tanah

Apa itu investasi tanah ? Investasi tanah adalah suatu kegiatan untuk membeli tanah dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Tanah yang telah dibeli kemudian digunakan sedemikian rupa untuk mendapatkan keuntungan. Pemanfaatan tanah itu antara lain : pengembangan properti, pertanian, komersial atau hanya untuk menyimpan asset.

Pada umumnya, pembelian tanah untuk tujuan investasi itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Tanah Kavling. Investasi jenis ini menjadi investasi yang umum dipilih oleh masyakat karena mudah dan harganya yang tidak terlalu mahal. Tanah kavling adalah tanah yang sudah dibagi ke dalam petak-petak dengan ukuran yang sudah ditentukan. Nantinya, tanah kavling ini akan diperuntukkan tempat mendirikan bangunan atau tempat tinggal. Ukuran tanah kavling-pun masih beragam, mulai dari 45 meter persegi, 60 meter persegi hingga 150 meter persegi. Harga di setiap kota itu berbeda-beda, misal di wilayah Malang ukuran 45 meter persegi mulai dari 40 juta-an. Ingin mendapatkan informasi harga tanah di wilayah Malang secara upto-date ? Hubungi customer service Abris Group disini.
  2. Real Estat. Istilah real estate dipahami sebagai tanah beserta benda permanen yang menempatinya, misal air, pohon, bangunan, dsb. Jenis investasi tanah berbentuk real estate biasanya dijual secara keseluruhan. Contoh, penjualan tanah perkebunan atau tanah dan bangunan rumah. Karena dijual secara keseluruhan, maka harga real estate akan dibanderol lebih tinggi dibandingkan tanah kavling meskipun dalam luasan yang sama.

Jadi, Anda seharusnya sudah paham bedanya investasi tanah kavling dengan investasi real estate.

 

BACA JUGA : Pengertian BPHTB dan Cara Menghitungnya Tanpa Bantuan Notaris 

 

Prediksi Investasi Properti 2024

Pada tahun 2024, banyak investor (para pemilik modal) cenderung wait and see untuk berinvestasi. Hal ini dapat dilihat dari data outlook properti di tahun 2024 dari Knight Frank Indonesia, yang menyebutkan ada kewaspadaan dalam pertumbuhan properti di Indonesia tahun 2024.

Tindakan itu terjadi karena berbagai sebab. Mulai dari kondisi geopolitik dan konflik timur tengah yang terus menerus mengancam stabilitas ekonomi dan politik domestik. Hingga transisi pemerintahan ke presiden baru Indonesia terpilih. Tidak hanya itu, pemulihan ekonomi pasca pandemi akibat inflasi, kenaikkan suku bunga hingga BBM juga menjadi tantangan sendiri.

Untuk menjaga daya beli masyarakat di sektor properti agar tidak turun, maka pemerintah menggulirkan insentif PPN DTP yang memberikan subsidi hingga 100% untuk pembelian properti dibawah Rp 2 milliar. Keputusan ini dianggap sebagai angin segar bagi developer perumahan sebagai daya tarik agar masyarakat kembali berminat investasi properti.

 

BACA JUGA : Inilah Biaya Balik Nama Rumah dan Prosedurnya 

 

Kekurangan Investasi Tanah

Untung rugi investasi tanah sangat perlu dipertimbangkan, apalagi jika uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Meski terlihat menjanjikan dan dianggap sebagai bentuk investasi yang paling menguntungkan untuk jangka panjang, ternyata investasi tanah masih memiliki kekurangan. Kekurangan investasi tanah itu antara lain :

  1. Penjualan bisa bertahun-tahun. Tanah merupakan aset likuid, yaitu aset yang membutuhkan waktu agak lama untuk menjual kembali. Berbeda dengan emas, saham, obligasi yang cenderung lebih cepat untuk dijual kembali dan dicairkan menjadi uang. Menjual tanah tidaklah mudah, memakan waktu bertahun-tahun dan memerlukan proses yang kompleks mulai dari kelengkapan administrasi, dsb. Oleh karena itu, investasi tanah hanya dianjurkan untuk investasi jangka panjang.
  2. Biaya Perawatan. Tanah juga memerlukan biaya perawatan, antara lain : pembayaran pajak, pemeliharaan lahan dan asuransi yang harus dibayarkan setiap tahun, bahkan ada yang setiap per kuartal atau semester. Meskipun anggarannya tidak terlalu besar, tetapi harus menyiapkan anggarannya agar tidak terkena denda.
  3. Harga yang tidak stabil. Banyak orang mengatakan bahwa harga tanah terus naik, nyatanya tidak seperti itu. Naik turunnya harga tanah selain dipengaruhi oleh faktor permintaan dan penawaran juga dipengaruhi faktor lain. Faktor itu antara lain : kondisi pasar, regulasi pemerintah hingga faktor ekonomi lainnya. Menyebabkan harga tanah menjadi fluktuatif, maka investor perlu memperhatikannya juga.
  4. Pengaruh Lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat mempengaruhi penjualan sebuah tanah. Semakin dekat dengan kota dan fasilitas umum serta aman dari ancaman berbagai bencana alam menjadikan tanah mudah untuk diperjual-belikan. Ingin mendapatkan lokasi yang strategis di wilayah Malang ? Segera hubungi customer service Abris Group disini.

Itulah kekurangan investasi tanah menurut Abris Group yang harus dipertimbangkan oleh investor. Sebagai upaya agar investasi yang dilakukan tidak mengalami kerugian.

 

BACA JUGA : Bingung Cara Hitung Pajak Rumah Mewah, Abris Group Berbagi Caranya ! 

 

Kerugian investasi tanah tidak hanya diatas, perhatikanlah hal-hal tamabahan berikut.

Fungsi Investasi

Sebelum melanjutkan pembahasan untung rugi investasi tanah di tahun 2024. Alangkah baiknya pembaca memahami terlebih dahulu berbagai macam fungsi investasi.

Investasi tanah bukanlah investasi sembarangan dan dapat dilakukan asal-asalan. Sebelum benar-benar melakukannya, pahami dulu tujuan investasinya. Misal, pembaca memilih tanah untuk investasi perumahan kavling, maka hal yang wajib diperhatikan adalah lokasi yang aman dan nyaman serta dekat fasilitas umum. Dalam skenario yang berbeda, jika tanah yang dibeli ingin dijadikan sebuah perkebunan atau pertanian maka perlu memperhatikan tingkat kesuburan tanah tersebut serta akses irigasi yang mudah untuk kelangsungan hidup tanaman.

Perlu Modal Besar

Investasi tanah tidak sama dengan investasi saham yang dapat dimulai dengan modal kecil, investasi ini memerlukan modal yang jauh lebih besar. Apalagi jika tanahnya terletak dilokasi strategis, akan membuat nilai tanah tersebut menjadi sangat mahal. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa terjun ke dunia investasi tanah apalagi bisnis tanah.

Sulit Membeli Dengan Pinjaman KPR

Karena sifatnya yang terpisah dari bangunan, maka pinjaman KPR akan sulit di terima oleh bank. Jikapun ada bank yang memperbolehkan debitur membeli tanah melalui KPR maka persyaratannya pun juga ketat.

Setelah diketahui kerugian investasi tanah, masihkah Pembaca ingin melakukan investasi tanah ?

 

BACA JUGA : Mulai 20rb Inilah Daftar Bioskop Murah Malang !

 

Kelebihan Investasi Tanah

Seiring berkembangnya suatu daerah atau lokasi, maka semakin berkembang juga harga nilai tanah tersebut. Itulah keuntungan pertama dalam untung rugi investasi tanah di tahun 2024. Keuntugan lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Relatif aman dari inflasi. Ketika terjadi inflasi terhadap bahan-bahan pokok, senjata yang dapat diandalkan adalah tanah. Karena nilainya yang relatif naik seiring berjalannya waktu.
  2. Kepemilikan penuh. Selain kepemilikan penuh secara adminstratif, Pembaca juga memegang kendali penuh atas tanah tersebut termasuk pengelolaan dan pengembangan kedepan.
  3. Keuntungan sewa. Keuntungan ini didapatkan jika Pembawa menyewakan tanah kepada orang lain. Ini akan menjadi sumber pendapatan passive income untuk pembaca.
  4. Investasi lebih terjamin. Meskipun membutuhkan modal yang besar di awal, namun keuntungannya lebih terjamin dibanding jenis lainnya.

Di atas adalah keuntungan properti yang dapat disampaikan oleh Abris Group, tentu selain 4 keuntungan di atas banyak lagi keuntugan lainnya yang tidak dapat disampaikan satu per satu.

Itulah untung rugi investasi tanah di tahun 2024 yang dapat disampaikan oleh Abris Group. Jika Anda berminat untuk melakukan investasi properti di wilayah Malang, silahkan hubungi customer Abris Group disini. Tim kami akan memandu dan memberikan informasi terkait lokasi dan prospek terkait investasi yang dilakukan. Konsultasi tidak dikenakan biaya alias GRATIS ! Kami juga melayani jasa desain arsitek rumah, pelajari lebih lanjut disini.

BACA JUGA : Harga Tiket Malang Skyland Terbaru 2024

error: Content is protected !!