Cara Melakukan Pinjaman Online, Simak Cara Yang Benar

Cara Melakukan Pinjaman Online, Simak Cara Yang Benar – Pinjaman online adalah pilihan andalan untuk meminjam uang. Karena memiliki proses yang mudah dan cepat. Mengkesampingkan kemudahan Anda juga harus tahu maraknya penipuan pinjol yang sudah sangat banyak. Maka dari itu Anda juga tetap harus berhati-hati.

Agar terhindar dari banyaknya penipuan pinjol, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan pinjaman online yang benar.

Syarat mengajukan pinjaman online

Berikut ini adalah persyaratan untuk mengajukan pinjaman online yang harus Anda ketahui:

  1. Cukup Umur.
  2. Warga Negara Indonesia.
  3. Memiliki Pekerjaan.
  4. Memastikan Data dan Dokumen Lengkap.
  5. Memiliki Rekening Bank.

Cara melakukan pinjaman online

Cara Melakukan Pinjaman Online, Simak Cara Yang Benar

1.Cari tahu terlebih dahulu semua informasi penting

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjol adalah cari tahu cara kerja pinjaman online yang akan dipilih. Cari tahu terlebih dahulu pinjol ada saja yang tersedia. Anda bisa mencarinya pada artikel dan sumber pencarian lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari pinjol ilegal yang sudah marak terjadi.

Hal ini harus dilakuakan, mengingat banyaknya orang yang terjerumus dalam perangkap pinjol ilegal karena mereka tidak mendapatkan informasi tentang pinjol tersebut.

Maka dari itu agar terhindari dari hal tersebut Anda harus memastikal pinjol yang Anda pilih legal dan diakui oleh Negara. Lalu bagaimana cara mengecek legal atau tidaknya? Nah simpel saja Anda bisa memeriksanya pada situs resmi OJK. Jika perusahaan sudah terdafatar pada OJK, maka telah memiliki izin usaha resmi sehingga Anda lebih aman mengajukan pinjaman disana.

2.Memenuhi semua persyaratan

Dengan persyaratan yang mudah dan prosesnya yang cepat, membuat banyak orang menyepelekannya sehingga tidak mempersiapkan persyaratan pinjaman dengan baik. Padahal ini merupakan cara agar pinjaman online cepat cair loh.

Setelah Anda menentukan perusahaan pinjol yang aman, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan dan bagaimana cara kerjanya. Anda harus memperhatikan semua persyaratan mulai dari dokumen hingga batasan usia dan lain-lain.

3.Melampirkan slip gaji

Slip gaji dibutuhkan sebagai lampiran jika jumlah pengajuan pinjaman terlalu tinggi. Perusahaan pinjol menggunakan ini untuk memastikan orang yang mengambil pinjaman dapat membayar kembali dengan tepat waktu. Dan menambahkan laporan gaji juga membuat proses pengajuan lebih cepat dan mudah.

BACA JUGA : Perbedaan Kredit Pasif dan Kredit Aktif 

Tips mengajukan pinjaman online agar cepat cair

1.Pilihlah aplikasi pinjaman online bereputasi tinggi

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan perusahaan pinjol yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Dan pastikan juga perusahaan yang Anda pilih telah memiliki izin resmi dan berada dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal tersebut penting, karena untuk memastikan Anda berurusan dengan perusahaan yang profesional dan memiliki kebijakan-kebijakan yang jelas.

2.Masukkan nomor ponsel dan kode OTP yang tepat

Jangan melakukan kesalahan dalam mencantumkan nomor ponsel ataupun kode OTP (One Time Password). Sebelum dikirimkan, pastikan terlebih dahulu setiap nomor yang dicantumkan sudah sesuai. Jika tidak maka dapat membuat pengajuan pinjaman online gagal untuk diproses lebih lanjut. Maka dari itu Anda harus teliti saat memasukan no ataupun kode OTPnya.

BACA JUGA : Upaya melegalkan kepemilikan tanah

3.Gunakan foto dengan kualitas yang bagus

Dalam pengajuan pinjol, pastinya Anda akan diminta untuk mencantumkan beberapa foto pendukung aplikasi pinjaman. Anda akan diminta untuk mengirimkan KTP dan foto selfie dengan memegang KTP. Dengan begitu Anda harus memberikan foto dengan kualitas yang bagus agar mudah terbaca oleh sistemnya.

Dan sebaliknya jika foto yang Anda berikan tidak jelas maka sistem tersebut akan mengalami kesulitan untuk membaca data-data yang Anda berikan.

4.Cantumkan data diri yang valit 

Terdapat juga verifikasi pengajuan pinjol yang juga akan dilakukan ke rumah dan juga akan memastikan kontak darurat yang diberikan. Maka dari itu sangat penting untuk memberikan data diri yang valit agar proses pinjaman Anda bisa lebih cepat lagi.

5.Kredit scoring

Kredit scoring adalah salah satu pertimbangan lembaga pembiayaan dalam menyetujui pinjaman Anda. Sangat penting untuk memastikan aplikasi permohonan pinjaman dapat lolos kredit scoring. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memenuhi semua persyaratan yang diminta dengan valit.

BACA JUGA : Instrumen Utang : Pengertian Hingga Contohnya 

error: Content is protected !!