Dijamin Anti Macet Inilah 5 Jalur Alternatif Wisata ke Kota Batu

Dijamin anti macet, inilah 5 jalur alternatif wisata ke Kota Batu yang bisa Anda tempuh melalui roda dua maupun roda empat bersama keluarga bahkan bus pariwisata. Kota Batu merupakan kota wisata yang memiliki banyak wahana dan wisata alam yang memanjakkan mata. Mulai dari wahana buatan maupun wisata alam seperti gunung, air terjun ataupun kebun dan sawah.

Contoh wisata buatan di Kota Batu yang terkenal antara lain Museum Angkut, Jatimpark 1, Jatimpark  2, Jatimpark 3, Batu Night Paradise, Alun-Alun Kota Batu, dll. Yang semuanya sudah sangat terkenal dan wajib dikunjungi ketika berlibur di Kota Batu. Contoh wisata alam yang ada di Kota Batu antara lain : air terjun Coban Rondo, air terjun Coban Talun, Gunung Buthak, Cangar, dll. Wisata alam tersebut memiliki harga tiket yang ramah di kantong.

Oleh karena itu, ketika hari libur banyak wisatawan dari Kota Malang, Surabaya, Pasuran, Sidoarjo, Mojokerto dan kota-kota lainnya menuju Kota Batu. Rata-rata para pengunjung menggunakan mobil pribadi, minibus, hingga bus pariwisata lewat jalur darat. Alhasil, jalan utama ditumpuk oleh kendaraan wisatawan dan akhirnya macet dan mengular panjang.

Ketika macet, tentu akan mengganggu suasana liburan. Karena waktu hanya akan habis dijalanan, panas-panasan dan cepat untuk menghabiskan bensin. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan 5 jalur alternatif ke Kota Batu yang bisa di tempuh oleh roda dua maupun roda empat.

Berikut adalah 5 jalur alternatif ke Kota Batu anti macet :

1.Jalan Alternatif Ke Batu lewat Dau

jalan-alternatif-ke-batu-lewat-dau
tugumalang.id

Jalan alternatif yang pertama yang bisa ditempuh ke Kota Batu adalah lewat Dau, Kota Malang. Jalan ini sangat direkomendasikan karena jarang macet, mulus dan memiliki banyak destinasi wisata di sepanjang jalan. Desitnasi wisata itu antara lain wisata jeruk malang.

Rute ke Kota Batu lewat Dau dapat ditempuh sebagai berikut :

Dari Jalan Gajayana, ambil jalur menuju Merjosari. Setelah itu, ambil jalan menuju Kota Batu melewati Sumbersekar dan ikuti jalur yang ada hingga tiba di Junrejo, yang sudah masuk dalam wilayah Kota Batu.

2.Jalan Alternatif Ke Batu lewat Karangploso

karangploso-arah-batu
tugumalang.id

Jalan alternatif berikutnya yang bisa Anda pilih adalah lewat Karangploso. Jalur ini sangat direkomendasikan jika Anda berkendara dari arah Surabaya. Ketika berangkat dan pulang, wisatawan yang berasal dari Surabaya dapat memilih jalur ini. Jalannya mulus, banyak melewati destinasi wisata dan mungkin agak sedikit macet ketika melewati pasar dan rest area.

Rute ke Batu lewat Karangploso dapat ditempuh sebagai berikut :

Dari Kota Malang, khususnya Jalan Soekarno Hatta, kamu dapat langsung menuju jalur alternatif ini dengan belok ke arah Jalan Candi Panggung. Setelah melewati stasiun radio RRI Malang di kanan jalan, terus lurus hingga melewati belakang kampus UMM III.

Salah satu jalan ke Kota Batu ini akan membawa wisatawan menemui perempatan di dekat kompleks Arhanud. Dari perempatan lampu merah itu, ambil jalur lurus melewati kompleks TNI dan ikuti jalan hingga tiba di jalan utama Karangploso- Batu.

Rute Ke Batu lewat Karangploso lewat Exit Tol Singosari  adalah sebagai berikut :

Jalan alternatif ke Kota Batu juga bisa melalui jalur utama yang telah ada pada papan penunjuk jalan exit tol Singosari. Jalur ini sangat cocok untuk untuk Anda yang berasal dari Surabaya. Jalur ini bisa dilalui dengan mengambil jalan lurus setelah keluar tol yang akan membawa kamu langsung menuju Bumiaji Kota Batu. Dari jalur tersebut, jarak ke Alun-Alun Batu dan taman rekreasi selecta sudah sangat dekat.

3.Jalan Pintas Ke Batu Lewat Cangar

cangar-batu-malang
tugumalang.id

Ingin berkendara sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang sangat indah ke arah Kota Batu ? Tentu jawabannya adalah lewat jalur Cangar. Jalur ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang berasal dari Mojokerto, Maupun Sidoarjo dan Pasuruan.

Rute ke Kota Batu lewat Cangar dapat ditempuh sebagai berikut :

Bila Anda berangkat dari Kota Mojokerto atau Pasuruan, cobalah langsung mengambil jalur menuju Pacet. Jalur yang melintas Tahura R. Soerjo ini akan membawa pengendara tiba di Cangar yang sudah berbatasan dengan Kota Batu.

Dari Cangar, jalanan akan terus menurun, hingga melintasi persimpangan jalan masuk ke Selecta dan Coban Talun Jangan kaget bila di jalur Cangar ini akan menemui banyak tanjakan dan turunan curam. Oleh karena itu, pastikan kendaraanmu terutama rem senantiasa dalam kondisi prima agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kami sarankan kepada Anda yang memilih jalur ini untuk selalu melakukan ceking pada rem kendaraan. Karena jalur ini memiliki turunan dan tanjakan yang curam. Dan berhentilah setelah perjalan yang ditempuh sudah mencapai satu atau dua jam. Hingga kondisi rem tidak panas.

4.Jalan Pintas Ke Batu Lewat Wagir

Jalur ini sangat cocok bagi Anda yang berasal dari Wagir, Pakisaji, Kepanjen, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dll.

Rute Ke Kota Batu lewat Wagir dapat ditempuh sebagai berikut :

Begitu melewati jalan utama Malang-Kepanjen setelah melewati pertigaan Jalur Lingkar Barat, ambil belokan ke kiri saat tiba di pertigaan depan Pabrik Gula Kebon Agung. Setalah itu, ikuti jalan hingga melewati Polsek Wagir dan tiba di Mulyorejo, Sukun.

Di wilayah ini memang sedikit padat. Namun begitu kamu mengambil arah belok kiri melewati desa Pandanlandung Wagir hingga terus ke Kecamatan Dau, jalan yang dilalui akan tampak lengang. Ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu dengan jalan ke Batu lewat Dau.

5. Jalan Alternatif Ke Batu Lewat Pujon

Jalur ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang berasal dari Kediri. Jalur ini memang terkenal sebagai jalur utama Kediri-Malang yang anti macet dan disuguhkan pemandangan alam yang indah.

Rute ke Kota batu lewat Pujon dapat ditempuh sebagai berikut :

Nah, dari Kabupaten Kediri, kamu bisa mengambil jalur ke arah Kecamatan Kandangan. Jalan ini akan langsung menuju ke Batu dengan melewati wilayah Kabupaten Malang, yakni Kasembon, Ngantang dan Pujon secara berurutan.

Itulah 5 jalur alternatif wisata ke Kota Batu yang bisa dijadikan pilihan jika Anda berkendara dari Surabaya, Kediri, Pasuruan, Mojokerto, Blitar dll.

BACA JUGA : Daftar 5 UMKM Unggul di Malang versi Pemkot Malang Tahun 2023

error: Content is protected !!
Klik Disini
Assalamualaikum,

Saya telah mengunjungi website Abris Group dan Ingin bertanya terkait jasa yang ditawarkan.