5 UMKM Malang Unggul Versi Pemkot Malang Tahun 2023

5 umkm malang unggul versi Pemkot Malang tahun 2023. Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kota Malang telah mengumumkan secara resmi 5 umkm unggul yang dapat dijadikan contoh bagi umkm lain. Hal itu disampaikan secara resmi melalui website resmi milik Pemerintah Kota Malang yang dapat di akses di lama malangkota.go.id.

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah yang tergolong usaha yang membutuhkan bantuan dari berbagai pihak salah satunya pemerintah untuk bisa terus berkembang dan membantu menyerap lapangan pekerjaan.

Kota Malang terkenal dengan wisata alam dan kulinernya yang sudah diakui oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bahwa Kota Malang memiliki banyak UMKM yang bergerak bi berbagai lini bidang usaha. Mengambil data yang diambil dari malangkota.go.id, saat ini sudah ada sekitar 8000 an umkm yang ada di Kota Malang. Lini bidang usaha itu antara lain : tekstil, makanan, digital creative, musik dll. Pemerintah Kota Malang juga sangat serius dalam mendukung kesuksesan para umkm tersebut.

Keseriusan tersebut sudah tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Malang Nomor 5 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Pengadaan Barang. Dari sekian ribu umkm tersebut, Pemerintah Kota Malang telah merangkum 5 UMKM yang dianggap unggul dan dijadikan percontohan. UMKM tersebut antara lain :

  1. Kripik Tempe Rohani. UMKM unggul yang pertama merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan dan banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas malang yaitu Kripik Tempe Rohani. Malang memang terkenal sebagai kota penghasil Tempe yang besar di Provinsi Jawa Timur. Sentra penghasil tempe di Kota Malang antara lain berada di Kampung Sanan, Kelurahan Purwantoro dan Kecamatan Blimbing. Dilansir dari website resmi kripiktemperohani.com, umkm ini beralamat di Jalan Sanan No 125 Malang.
  2. Antique Batik dan Kebaya. UMKM unggul yang kedua merupakan usaha yang bergerak dibidang tekstil yaitu Antique Batik dan Kebaya. Dilansir dari malangkota.go.id tempat usaha ini berlokasi di dua tempat yaitu di Jalan Pekalongan No 8 dan Jl Ciujung No 14 A Malang. Yang membedakan batik asli malang ini adalah memiliki motif corak tempe dan dele kecer yang tidakĀ  dimiliki daerah lain.
  3. Oky Chindrawan Ceramic Studio. Jika ada nama studio, usaha ini bukanlah usaha yang bergerak dibidang video maupun animasi. Oky Chindrawan Ceramic Studio adalah usaha yang bergerak di bidang keramik table ware.
  4. Lita Art Gallery. Bagi Anda yang menyukai seni lukis, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi Lita Art Gallery. Selain lukisan, juga banyak barang bekas yang dikemas untuk dijadikan seni dan di pajang. Usaha ini berada di Jalan Kawi Selatan Nomor 1 Kota Malang.
  5. Alya Bordir Komputer. UMKM ini beralamat di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Itulah 5 UMKM unggul versi Pemerintah Kota Malang.

BACA JUGA : Pajak Hiburan di Malang Masih Belum Mencapai Target

error: Content is protected !!