Car Free Day Malang Kembali Dibuka, Usung Konsep Baru !

Car Free Day Malang Kembali Dibuka, Usung Konsep Baru ! –  Masyarakat Malang dapat kembali menikmati hari bebas kendaraan bermotor atau yang biasa disebut car free day (CFD). Setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid-19 dan akhirnya event mingguan car free day (CFD) telah dibuka, tepatnya dibuka mulai 11 september 2022. Lokasinya masih sama yaitu berada di jalan besar Ijen. Untuk tanda telah dibukanya kembali CFD, beberapa konsep baru akan hadir. Ada pembagian zonasi untuk olahraga dan kegiatan lain yang di gelar, dan ada juga praturan baru CFD pada saat berlangsung.

BACA JUGA : Rekomendasi wisata alam Malang untuk berpetualang

Car Free Day Malang Kembali Dibuka, Usung Konsep Baru !
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menjajal Jajanan di Car Free Day (CFD), Minggu (11/8/2022).

CFD di Ijen pada hari minggu menjadi salah satu pilihan lokasi untuk berolahraga serta menikmati waktu bersama. CFD ini diadakan kembali di sepanjang jalan Ijen sampai jalan Semeru yang berlangsung mulai jam 06.00 hingga 10.00 WIB.

CFD kali ini mengusung konsep baru, yaitu area CFD diperpanjang hingga sekitar stadion Gajayana. Dimana di daerah tersebut terdapat pasar wisata belanja tugu yang bisa Anda kunjungi.

Harapan dari Walikota Sutiaji adalah selain semakin banyak area untuk masyarakat berolahraga juga dapat untuk saling menghidupkan pasar wisata belanja tugu. Sehingga masyarakat yang melintas ke sini juga bisa ikut untuk berbelanja di pasar tersebut. Beliau juga menambahkan agar masyarakat kota Malang dapat memanfaatkan ruang publik ini dengan baik dengan tetap menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan.

Sebagaimana rute CFD yang telah dirilis serta beberapa titik penutupan jalan, ada juga beberapa lokasi parkir yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan menikmati CFD antara jalan Pahlawan trip, jalan Retawu, jalan Wilis, jalan Semeru, jalan Buring, jalan Merbabu, jalan Guntur, dan jalan Panggungan.

Selain dengan konsep baru yang diusung di mana CFD akan menyambung dengan pasar wisata belanja tugu, PKL tidak diperbolehkan untuk jualan didalam dan seputar pintu-pintu masuk area CFD. Karena PKL sudah diberi dua akses untuk berjualan yaitu berada di Museum Brawijaya dan kawasan parkir Stadion Gajayana. Pusat layanan publlik disiapkan di samping balapan seperti stand pembayaran pajak, stan SIM, serta samsat keliling, dan lain sebagainya.

Sementara itu, plaksana tugas (plt) kepada dishub kota Malang Handi Priyanto menjelaskan pelaksanaan CFD minggu ini sudah ada restu dari wali kota Malang. Pihaknya memang ditunjuk untuk menjadi leading sector atau penanggung jawab pelaksanaan CFD. Persiapan dari pihaknya juga sudah mengatur rekayasa lalu lintas dan kantong kantor parkir. Yang menyebutkan : “Nanti ada 10 kantong parkir. Disepanjang jalan besar Ijen akan steril, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan”ujarnya.

Menurut Handi, dengan kembalinya CFD menjadi kesempatan yang bagus untuk masyarakat yang ingin berolahraga. Dia juga menjamin konsep baru yang diusung akan menguntungkan masyarakat. Karena semua aktifitas warga akan dibagi kedalam zona-zona khusus.

BACA JUGA : Mengenal Kampus Universitas Brawijaya Malang

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?