Mengenal Kampus Universitas Brawijaya Malang

Mengenal Kampus Universitas Brawijaya Malang – Universitas Brawijaya (UB) merupakan perguruan tinggi negeri yang dibangun pada tanggal 5 januari 1963. Pada awalnya UB merupakan cabang dari Universitas Swasta Sawerigading Makasar, yaitu menjadi fakultas hukum dan fakultas ekonomi. Namun kedua fakultas tersebut tidak berkembang dengan cukup baik, sehingga pada tanggal 10 mei 1957 dilakukanlah pertemuan yang kemudian mencetuskan gagasan untuk mendirikan Universitas Kotapraja (Gemeentelijke Universitiet).

Mengenal Kampus Universitas Brawijaya Malang

Dan untuk mewujudkan gagasan tersebut maka pada tanggal 28 mei 1957, dibentuklah yayasan perguruan tinggi Malang. Pada tanggal 1 juli 1957 yayasan membuka perguruan tinggi hukum dan pengetahuan masyarakat (PTHPM). Kemudian pada ulang tahunnya yang ke empat universitas ini mengalami perubahan nama menjadi Universitas Brawijaya.

UB mendapatkan status sebagai perguruan tinggi negeri secara bertahap. UB beserta seluruh fakultasnya resmi mendapatkan status negeri pada 5 januari 1963. Hal ini berdasarkan keputusan menteri PTIP No 1 tahun 1963, yang dikukuhkan dengan keputusan Presiden RI No 196 tahun 1963. Kemudian tanggal perubahan status tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya Universitas Brawijaya (Dies Natalis).

UB saat ini telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan yang bagus dengan memiliki 18 fakultas dan 221 program studi untuk jenjang vokasi, sarjana, megister, doktor, dokter spesialis, dan profesi. UB dengan konsistennya dapat berhasil menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian resmi kementrian reset, teknologi, dan perguruan tinggi (kemenristekdikti). UB juga mendapatkan peringkat ke dua di Indonesia, dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan Universitas dunia Times Higher Education (THE) World University Rankings pada tahun 2020. Selain itu UB juga terus melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga.

Visi dan Misi dari Universitas Brawijaya

 UB memiliki visi dan misi yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan.

Visi :

“Menjadi perguruan tinggi pelopor dan pembaharuan dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama yang menunjang industri yang berbasis budaya untuk kesejahteraan masyarakat.”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional yang menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Dan memiliki moral dan budi pekerti yang luhur, mandiri, serta profesional, dan berjiwa entreprenuer.
  2. Menyelenggarakan peran perguruan tinggi sebagai agen pembaruan, pelopor dan penyebar ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan humaniora. Serta sebagai agen pembangunan ekonomi bangsa.
  3. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang unggul, berkeadilan, dan berjelanjutan.

Adapun tujuan dari Universitas Brawijaya ini yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, profesional, mandiri, berjiwa entreprenuer, disiplin, budi pekerti. berwawasan teknologi mutakhir sehingga mampu bersaing.
  2. Menghasilkan karya-karya inovasi teknologi, seni, sosial, budaya yang dapat berperan dalam pembangunan ekonomi bangsa, membangun kemandirian, berdasarkan nilai luhur budaya yang bermanfaat serta unggul ditingkat nasional ataupun internasional.
  3. Mewujudkan lingkungan pendidikan yang ramah, berteknologi tinggi sehingga mampu mengembangkan potensi setiap akademik.

BACA JUGA : Mengenal Lebih Dekat Universitas Negeri Malang

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?