7 Stasiun Kereta Api Kota Malang Cocok Untuk Mudik

7 stasiun kereta api di Kota Malang yang cocok untuk mudik, berikut adalah daftarnya :

1. Stasiun Kota Lama

7-stasiun-kereta-api-di-malang-5

Daftar stasiun pertama yang ada di Kota Malang adalah stasiun kota lama. Stasiun ini merupakan stasiun tertua yang ada di Kota Malang dan masih beroperasi untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Melayani perjalanan rute lokal maupun rute jarak jauh. Letaknya yang berada di jantung Kota Malang menjadi alasan banyak pelancong dari luar daerah untuk turun di stasiun ini. Namun, dengan hadirnya stasiun Kota Baru membuat banyak penumpang beralih menggunakan stasiun tersebut.

Alamat stasiun kereta api Kota Lama : Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.

2. Stasiun Kota Baru

7-stasiun-kereta-api-di-malang-4

Stasiun Kota Baru dibangun untuk jadi stasiun kereta api terbesar di Kota Malang. Sebagai stasiun terbesar di Kota Malang, maka tak khayal jika stasiun ini selalu dipadati pengunjung setiap hari. Pemandangan padatnya pengunjung sangat terlihat ketika terjadi libur panjang hingga hari besar umat beragama.

Berbagai macam fasilitas disediakan dengan baik oleh pemerintah Kota Malang. Fasilitas itu antara lain : lahan parkir, mushola, food and beverages, dsb.

Alamat stasiun kereta api Kota Baru : Jl. Trunojoyo No.10, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

3. Stasiun Blimbing

7-stasiun-kereta-api-di-malang-3

Daftar stasiun berikutnya masih berada di Kota Malang yang hanya berjarak 13 Kilometer dari Stasiun Kota Baru. Berbeda dari stasiun kereta api Kota Baru yang memiliki ukuran yang luas dan tersedianya berbagai macam fasilitas umum. Stasiun blimbing termasuk stasiun yang ukurannya kecil , sehingga jarang digunakan untuk pemberhentian kereta.

Alamat stasiun kereta api Stasiun Blimbing : Jl. Laksamana Adi Sucipto, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

 

BACA JUGA : Desain Rumah Mediterania Terbaru Tahun 2024

 

4. Stasiun Kepanjen

7-stasiun-kereta-api-di-malang-6

Bagi masyarakat Kabupaten Malang terutama bagian selatan tentu sudah tidak asing lagi dengan stasiun kereta api yang satu ini. Stasiun kereta api Kepanjen merupakan stasiun yang tertua di Malang Raya yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Yang kemudian telah dilakukan renovasi hingga menjadi stasiun kelas I di Malang.

Sering menjadi tempat pemberhentian kereta lokal dan rute jarak jauh. Jika Pembaca mempunyai rencana untuk bepergian ke daerah Blitar, Tulungagung maupun ponorogo sangat cocok untuk menggunakan stasiun ini.

Alamat stasiun kereta api Stasiun Kepajen : Jl. Banurejo, Kepanjen, Kabupaten Malang.

5. Stasiun Sumberpucung

7-stasiun-kereta-api-di-malang-7

Salah satu stasiun kecil yang ada di Malang Raya yang lain adalah Stasiun Kereta Api Sumberpucung. Yang masuk dalam kategori III, yang sering menjadi salah satu tempat pemberhentian kereta jarak jauh Matarmaja jurusan Malang-Jakarta.

Yang membuat Stasiun Sumberpucung menarik adalah adanya terowongan kereta api asli buatan dalam negeri yaitu terowongan Eka Bakti Karya yang kini dinamai dengan Karangkates I dan Dwi Bakti Karya yang berubah nama menjadi Karangkates II. Terowongan ini dapat dijumpai sekitar 3,5 kilometer dari Stasiun Sumberpucung.

Alamat : Dusun Suko, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

6. Stasiun Singosari

7-stasiun-kereta-api-di-malang-2

Stasiun kecil lainnya yang ada di Malang Raya adalah Stasiun Kereta Api Singosari yang termasuk dalam kategori stasiun kereta api kelas III. Namun, stasiun ini melayani pembelian tiket melalui loket. Hanya saja, tidak banyak penumpang yang naik melalui stasiun ini.

Alamat : Jl. Stasiun Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

7. Stasiun Lawang

7-stasiun-kereta-api-di-malang-1

Ini adalah stasiun kereta api yang dijumpai Pembaca jika melalui jalur dari arah Surabaya menuju Malang. Stasiun ini termasuk stasiun kereta api kelas I karena bangunannya lebih besar dibandingkan stasiun di Kabupaten Malang lainnya. Disini, banyak para penumpang yang ingin naik maupun turun.

Alamat : Jl. Thamrin, Lawang, Malang, Jawa Timur.

 

BACA JUGA : Rekomendasi Meja Makan Minimalis Terbaru Mulai dari 500 Ribu-an

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?