Pengertian Akrilik dan Cara Merawatnya yang Benar

Pengertian akrilik yang perlu pembaca ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan akrilik untuk mempercantik interior rumah.

Menggunakan akrilik untuk kebutuhan interior rumah sangatlah menarik. Material yang sifatnya bening hampir mirip kaca dan plastik namun lebih kuat dan cara merawatnya juga mudah adalah alasan yang yang kuat.

Pengertian Akrilik

pengertian-akrilik-dan-kelebihannya

Akrilik adalah material plastik polimer transparan yang didapatkan dari methyl methacrylate, dengan perpaduan bahan asam methacrylic dan methanol. Bobotnya sangat ringan , yaitu 30% lebih ringan dibandingkan dengan kaca. Sementara itu tingkat kejernihannya hampir menyerupai kaca. Oleh karena itu, akrilik biasanya jadikan opsi lain jika tidak menggunakan kaca.

Jenis-Jenis Akrilik

Pada umumnya, terdapat 4 jenis akrilik yang beredar dipasar. Perbedaan tersebut dilihat dari cara proses pembuatannya. Jenis-jenis itu antara lain :

1. Akrilik Ekstrusi (Extruded)

Jenis akrilik yang pertama adalah akrilik ekstrusi. Akrilik Ekstrusi ini dibuat dengan bahan dasar plastik cair yang kemudian dicetak kedalam lembaran. Karena dibuat dari bahan plastik, maka harga jualnya cukup ramah dikantong. Memiliki kualitas yang baik, kuat, teksturnya lembut dan mudah dibentuk adalah alasan mengapa masyarakat banyak memilih menggunakan jenis akrilik ini. Contoh penggunannya adalah dapat dijadikan menjadi : papan display, plang, dsb.

2. Akrilik Cetak (Cast)

Sesuai dengan namanya, akrilik cetak proses pembuatannya dicetak dengan cara menekan cairan plastik ke dalam cetakan sehingga dapat dibentuk sesuai dengan keinginan. Hasilnya memiliki kualitas yang baik dibandingkan akrilik ekstrusi (extruded) namun memiliki harga jual yang sedikit lebih mahal.

Ketika dipotong menggunakan laser, pinggirannya terasa sangat halus dan rapi. Keunggulan lainnya adalah memiliki daya tahan terhadap bahan kimia dan goresan dan sulit bengkok meskipun terkena sinar matahari. Itulah alasan masyarakat memilih akrilik cetak.

3. Akrilik Lembaran Transparan

Akrilik lembaran memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari ketebalan 1,5 mm hingga 25 mm. Ukuran lebar dan panjangnya juga berbagai macam tetapi warnanya hanya transparan atau bening. Penggunaan akrilik transparan biasanaya digunakan untuk produksi gantungan kunci, rak display mini, kotak penyimpanan, dsb.

4. Akrilik Lembaran Berwarna

Perbedaan dari akrilik lembaran transparan adalah tersedia dalam berbaga macam warna. Dengan tersedianya berbagai macam pilihan, biasanya material ini digunakan untuk karya seni yang indah. Bukan hanya furniture yang digunakan untuk tujuan tertentu.

 

BACA JUGA : Ingin Mudik Idul Adha 2024 Menggunakan Kereta Api ? Pahami 7 Stasiun Kereta Api yang ada di Malang

 

Karakteristik Akrilik

Setelah mengetahui pengertian akrilik dan jenis-jenisnya, maka akan dijelaskan juga tentang karakteristiknya. Jika dilihat dari fisik, akrilik memiliki karakter yang hampir sama dengan kaca, yaitu tembus pandang. Namun, tidak hanya tembus pandang , berikut adalah karakteristik akrilik lainnya :

1. Tingkat Kejernihan yang Tinggi

Kaca memiliki tingkat kejernihan antara 80 – 90% sementara akrilik memiliki tingkat kejernihan rata-rata 92%. Oleh karena itu, akrilik terasa sangat jernih.

2. Lentur

Lentur menjadi salah satu alasan mengapa akrilik dapat dibentuk menjadi berbagai macam produk, bahkan bentuk yang rumit sekalipun.

3. Mudah di Potong

Bahan bakarnya dari plastik membuat akrilik mudah dipotong menggunakan berbagai macam alat potong. Seperti lasser cutting, bor, pisau.

4. Ringan

Bobot akrilik tidaklah berat, namun memiliki ketahanan yang kuat. Ringan akrilik kira-kira 30% lebih ringan dari kaca.

5. Anti Mikroba

Sifat akrilik adalah anti mikroba, sehingga aman dan nyaman untuk meletakkan makanan dan minuman.

 

BACA JUGA : Inspirasi Desain Rumah Mediterania Terbaru di 2024

 

Kelebihan Akrilik

pengertian-akrilik-dan-kelebihannya-2

Ringan, lentur dan anti mikroba membuat akrilik sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Lantas, apa saja kelebihan akrilik ? 

1. Tansfer Cahaya Lebih Mudah

Kemampuan ini didapatkan karena fisiknya yang tembus pandang. Tingkat kejernihannya mencapai 92% sehingga sangat tembus pandang.

2. Tahan Panas

Meskipun mudah mentansfer cahaya, akrilik sangat tahan panas. Oleh karen itu cocok untuk kebutuhan outdoor dalam waktu yang lama.

3. Tahan Air

Karena dibuat dari bahan plastik cari, maka memiliki sifat yang tidak mudah lapuk dan menyerap cairan apalagi air.

4. Tidak mudah pecah

Ini adalah salah satu alasan banyak masyarakat yang menggunakan akrilik. Semakin tebal ukuran akrilik maka akan semakin kuat dan tidak mudah pecah

 

BACA JUGA : Meja Makan Minimalis Terbaru Mulai dari 500 Ribu-an, Ini Daftarnya !

 

Kegunaan Akrilik

Setelah mengetahui pengertian akrilik, kelebihan akrilik, karakteristik akrilik. Maka selanjutnya adalah kegunaan akrilik. Berbagai macam produksi barang-barang yang menunjang kebutuhan yang dibuat dari akrilik.

Untuk bangunan dan hunian akrilik dapat dimanfaatkan sebagai :

  • Kanopi
  • Partisi
  • Meja
  • Kursi
  • Rak
  • Pintu lemari
  • Laci
  • Box
  • Papan nomor hunian

Untuk aksesoris, akriliki dapat dimanfaatkan sebagai :

  • Gantungan kunci
  • Bingkai brosur
  • Wind chime
  • Plang usaha
  • Papan nama
  • Papan tulis
  • Lampu hias
  • Kuku palsu

 

BACA JUGA : Ketahui Tips Membeli Triplek Berbagai Ukuran agar Tak Salah !

 

Cara Merawat Akrilik

pengertian-akrilik-dan-kelebihannya-3

Perabotan apapun itu dan dari bahan material apapun itu haruslah dirawat dengan baik. Semakin baik perawatan maka akan menambah usia perabot tersebut. Untungnya akrilik tidak memperlukan perawatan khusus , dapat dilakukan sendiri. Cara merawat akrilik yang baik adalah sebagai berikut :

1. Hindari Kotak benda Tajam

Benda tajam yang dimaksud adalah seperti pisau, cutter, penggaris besi dan sebagainnya.

2. Membersihkan Debu & Noda

Caranaya mudah cukup menggunakan kain lap ataupun kemoceng.

3. Manfaatka Spray Wax

Fungsi spray wax adalah untuk membuat tampilan akrilik lebih mengkilau.

Itulah artikel tentang pengertian akrilik, jenis-jenis akrilik serta cara merawat akrilik oleh Abris Group.

Ciptakan hunian yang nyaman dan aman untuk keluarga bersama Abris Group. Pelajari lebih lanjut tentang kami disini.

 

BACA JUGA : Tips Memilih Kontrakan Bagi Pasangan Baru, Jangan Asal Pilih !

error: Content is protected !!
Klik Disini
1
Assalamualaikum,

Ada yang bisa Kami bantu Pak/Bu ?