Daya Beli Masyarakat Menurun Akibat Inflasi Inilah Dampaknya

Daya Beli Masyarakat Menurun Akibat Inflasi, Inilah Dampaknya – Efek dari meningkatnya inflasi sering kali mencerminkan kenaikan biaya hidup. Atau kata lainnya adalah inflasi membuat nilai uang susut sehingga membuat daya beli melemah. Pada saat daya beli masyarakat menurun, maka dapat membuat keseimbangan suatu negara terancam. Dan penurunan daya beli ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti contohnya inflasi ini yang sedang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini.

Dan menurut data dari bank, telah terjadi penurunan indeks keyakinan konsumen, yaitu sebesar 117,2 pada tahun lalu. Berdasarkan data tersebut, maka apa yang akan terjadi jika daya beli masyarakat menurun? untuk Anda yang masih penasaran bisa simak dengan baik artikel kali ini.

Daya Beli Masyarakat Menurun Akibat Inflasi, Inilah Dampaknya

Pengertian dari Inflasi

Pengertian inflasi secara umum yaitu suatu keadaan dimana terjadi kenaikan harga-harga barang ataupun jasa. Namun menurut Bank Indonesia (BI), Inflasi ini merupakan kenaikan harga barang atau jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Terdapat juga kebalikan dari inflasi yaitu deflasi, yang memiliki arti penurunan harga secara umum dan terus menerus.

Penyebab daya beli masyarakat menurun

Penyebab utama dari menurunnya daya beli masyarakat yaitu disebabkan oleh tingginya inflasi yang ada. Bagaimana bisa inflasi dapat mempengaruhi daya beli masyarakat? Inflasi dapat membuat nilai dari mata uang menurun, karena itulah daya beli masyarakat juga ikut menurun.

Penurunan harga terjadi karena peningkatan harga yang dilakukan oleh penjual agar mendapatkan keuntungan setelah terjadinya inflasi. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka juga dapat berpengaruh pada perekonomian.

BACA JUGA : Instrumen Utang : Pengertian Hingga Contohnya 

Akibat dari menurunnya daya beli masyarakat

Perekonomian pada suatu negara dapat dikatakan stabil jika terdapat keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Pada saat daya beli masyarakat menurun, maka akan membuat pertumbuhan ekonomi disuatu negara dapat melambat. Dan kemungkinan akan banyak usaha yang bangkrut atau mengalami kerugian karena masyarakat tidak melakukan pembelian.

Dengan kata lain perlambatan ekonomi ini juga bisa membuat pendapatan masyarakat tidak melakukan pembelian terhadap produk mereka. Yang akan mengakibatkan pendapatan masyarakat cenderung menurun. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Nah berikut ini cara untuk mengatasi daya beli masyarakat yang menurun.

BACA JUAG : Cara Melakukan Pinjaman Online, Simak Cara Yang Benar

1.Optimasi penjualan

Apa yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan penjualan agar dapat terus beroperasi? Untuk permasalahan ini Anda dapat melakukan promosi dan optimalisasi sumber daya yang tersedia. Pada saat daya beli masyarakat menurun, maka kemampuan masyarakat dalam membelanjakan uangnya juga terbatas. Oleh sebab itu kompetisi perebutan konsumen akan lebih ketat lagi.

Dalam hal optimasi penjualan Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti dibawah ini:

  1. Melihat tingkat agresivitas bisnis dalam meraih target, maupun itu dari segi pelayanan ataupun kualitas produk.
  2. Menjual aset atau peralatan yang sudah tidak terpakai agar tidak membebani biaya usaha lainnya.
  3. Memperhatikan kenyamanan konsumen.
  4. Anda juga dapat menggunakan penjualan online untuk menambah keuntungan.

BACA JUGA : Tips Memiliki Rumah Sebelum Usia 30 Tahun, Ikuti Langkah Ini!

2.Pengurangan biaya

Pengurangan biaya ini berfungsi untuk menekan kenaikan harga jual. Penjual juga dapat mengurangi biaya dalam proses produksi tanpa  harus mengurangi kualitasnya. Anda harus melakukan efisiensi pada overhead pabrik Anda, kemudian Anda juga dapat menghindari jumlah tenaga yang berlebihan karena dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif lainnya.

3.Inovasi

Kemudian Anda juga dapat menciptakan inovasi sendiri. Berfikir secara out of the box merupakan hal yang Anda butuhkan untuk keluar dari situasi sulit ini. Selain itu juga dapat berpengaruh besar pada bisnis Anda dalam jangka panjang.

Apa lagi jika inovasi yang Anda ciptakan tidak membutuhkan biaya yang tidak beresiko tinggi, Dengan begitu bisnis yang Anda jalani tidak akan terpengaruh besar pada inflasi yang sedang terjadi ini.

BACA JUGA : Cara Melakukan Pinjaman Online, Simak Cara Yang Benar

error: Content is protected !!